Terjemahan

Jumat, 10 Agustus 2012

POTENSI DAN MASALAH PEMILIH PEMULA

Pemilu 2014 tidak lagi dianggap sebagai Pemilu konsolidasi, tapi menjadi pertaruhan bagi Parpol untuk menancapkan eksistensinya. Salah satu segmen pemilih yang selama ini belum dianggap sebagai potensi untuk dibidik dan dikelola secara cerdas adalah pemilih pemula. Mereka adalah calon pemilih yang pada tanggal 9 April 2014 telah genap berusia 17 tahun atau sudah pernah menikah.  Untuk kali pertama mereka akan menggunakan hak politiknya di Pemilu 2014.  Jika kemudian peserta Pemilu menyebutnya sebagai “aset”, maka saatnyalah genderang itu harus ditabuh mulai dari sekarang.
Mereka adalah generasi baru yang relatif masih fresh, dan dicirikan sebagai pemilih yang  cerdas, dan rasional, jika dan hanya jika peserta pemilu jeli dan mampu menariknya dalam wilayah yang realistis. Salah besar jika generasi ini diidentikkan dengan hura-hura, kelompok penggembira, kelompok yang paling “ngeh” dengan aksi show of force, dsb. Kelompok ini adalah pelajar kelas 12 SMA/SMK/MA, atau mahasiswa tahun pertama.
Muncul kekhawatiran tidak akan maksimalnya pelaksanaan Pemilu secara langsung pada tingkat pemilih pemula, kekhawatiran ini sangat beralasan mengingat akan adanya pihak-pihak yang memanfaatkan situasi seperti ini dan menjadi lahan yang empuk bagi kelompok-kelompok tertentu yang ingin memanfaatkan situasi, hal-hal seperti inilah yang harus diantisipasi oleh KPUD Kota Semarang dalam pelaksanaan Pemilu besok. Memang ini adalah kekhawatiran yang teramat sangat, namun tidak ada salahnya jika kita memperhatikan sampai kepada tingkat yang seperti ini, karena walau bagaimanapun calon pemilih pemula juga merupakan bagian yang menentukan siapa pemimpin ke depan.
Komisi Pemilihan Umum Daerah adalah pihak yang paling bertanggung jawab untuk mensosialisasikan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat khususnya pemilih pemula demi terwujudnya partisipasi pada masyarakat untuk memberikan hak suaranya



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Desain Web Semarang | Di DESAIN OLEH Hayyu Vidia Utami. - Tema Untuk SMKN 8 Semarang | eF DESIGN