Terjemahan

Sabtu, 11 Agustus 2012

APA ITU PEMILIH PEMULA

Pemilih Pemula adalah Warga Indonesia yang pada hari pemilihan atau pemungutan suara adalah Warga Negara Indonesia yang sudah genap berusia 17 tahun dan atau lebih atau sudah/pernah kawin yang mempunyai hak pilih, dan sebelumnya belum termasuk pemilih karena ketentuan Undang-Undang Pemilu.
Pemilih pemula memilik karakter yang berbeda dengan pemilih yang sudah terlibat pemilu periode sebelumya yaitu :
  1. Belum pernah memilih atau melakukan penentuan suara di dalam TPS.
  2. Belum memiliki pengalaman memilih.
  3. Memiliki antusias yang tinggi.
  4. Kurang Rasional.
  5. Biasanya adalah pemilih muda yang masih penuh gejolak dan semangat, dan apabila tidak dikendalikan akan memiliki efek terhadap konflik-konflik sosial di dalam pemilu.
  6. Menjadi sasaran peserta pemilu karena jumlahnya yang cukup besar.
  7. Memiliki rasa ingin tahu, mencoba, dan berpartisispasi dalam pemilu, meskipun kadang dengan bebagai latar belakang yang rasional dan semu.
Pemilih pemula memiliki karakteristik yang berbeda tersebut membutuhkan pemikiran dan penanganan yang serius dalam Pemilu dan pemilu mendatang.
Dari wawancara yang saya lakukan terhadap siswa SMK Negeri 8 Semarang yang besok tahun 2014 sudah memiliki hak suara diperoleh data yang mengkhawatirkan berkaitan dengan kondisi pemilih pemula. Banyak siswa yang belum tahu pelaksanaan pemilu tahun 2014 dan belum tahu jika pemilu besok sudah memiliki hak suara/pilih. Hal ini disebabkan karena sosialisasi pemilu yang belum sampai ke mereka. Harapan mereka besar untuk memperoleh sosialisasi pemilu tersebut. (Hayyu Vidia Utami)
 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Desain Web Semarang | Di DESAIN OLEH Hayyu Vidia Utami. - Tema Untuk SMKN 8 Semarang | eF DESIGN